Laporan wartawan Tribunnews. com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA kacau – Pemerintah Arab Saudi menjalankan protokol kesehatan ketat untuk jamaah  yang berkesempatan melaksanakan mmrah saat pandemi Covid-19. Di antaranya adalah jamaah harus melakukan tes swab Covid-19 berulang kali.

Hal itu diungkap Pemimpin Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri), Firman M. Nur, dalam talkshow Tribun Corner ‘Umrah di Masa Pandemi’, Selasa (10/11/2020).

Baca juga: Umrah Internasional Dibuka, Hanya Tersedia Jemaah Indonesia dan Pakistan 

Firman mengatakan, serupa pada jamaah Indonesia yang berangkat pada 8 November lalu, mereka telah mengikuti 4 kali tes swab Covid-19 selama di Arab Saudi.

“Sudah 4 kali, hampir setiap dua keadaan sekali mereka swab lagi, jadi antisipasi penyebaran penyakit, ” perkataan dia.

Ia meneruskan, pemerintah Arab Saudi menggratiskan kos tes swab tersebut sebagai keseriusan menjaga warga dan siapa sekadar yang datang ke negaranya.

Firman berharap, bagi jamaah haji Indonesia yang diberi kesempatan untuk melakukan umrah di masa pandemi ini dapat memperhatikan dengan seksama segala aturan yang menyakut aturan kesehatan yang dibuat pemerintah Indra Salman itu.

“Siapapun kita sebagai jamaah untuk menyungguhkan bahwa kita taat pada seluruh prosedur yang sudah ditentukan kalau seandainya disuruh karantina ya tidak kemana-mana, tidak keluar kamar, tidak melakukan interaksi dengan segala ragam karena kan sifat karantina itu kan tidak membuat klaster covid-19 baru, ” jelasnya.