Informasi Wartawan Tribunnews. com, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA semrawut Sekretariat Presiden menerima penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas rekor Upacara Peringatan Keadaan Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia secara Daring oleh Peserta Tertinggi.

Acara penyerahan penghargaan dilakukan di Gedung III Departemen Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (17/8/2020).

Pendiri MURI Jaya Suprana mengatakan bahwa rekor tersebut merupakan sebuah rekor yang benar istimewa karena belum pernah terjadi di Tanah Air.

Selain dilakukan peserta terbanyak, rekor Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia secara Daring ini juga merupakan yang pertama kali dilakukan.

Baca: HUT ke-75 RI, Alsan Sanda Berharap Indonesia Bebas Sebab Pandemi Covid-19

“Ini bukan sekadar rekor Indonesia tapi rekor dunia karena belum pernah upacara kemerdekaan di manapun di negara lain yang diselenggarakan secara daring dan ini adalah yang pertama, ” kata Hebat Suprana dikutip dari Sekretariat Presiden.

Selanjutnya, Awan Raharjo selaku perwakilan MURI secara simbolis menyerahkan langsung piagam penghargaan rekor MURI kepada Kepala Sekretariat Kepala Heru Budi Hartono.

Baca: HUT ke-75 RI, Amerika Serikat: Indonesia Mitra Penting dan Penting

Turut hadir pula Deputi Tempat Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Rika Kiswardani dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Kasetpres Heru Budi Hartono mengucapkan apresiasinya kepada MURI arah penghargaan yang diberikan kepada jajarannya. Menurutnya, penghargaan tersebut merupakan kebesarhatian tersendiri bagi institusi yang dipimpinnya.

“Pak Jaya Suprana yang mewakili Museum Rekor Dunia Indonesia, kami jejeran Sekretariat Presiden mengucapkan terima iba. Tentunya ini kebanggaan buat kita semua, ” kata Kasetpres.

Untuk diketahui, berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Kemerdekaan RI & Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih tahun ini diikuti kelompok umum secara virtual. Sekretariat Kepala mengalokasikan 17. 845 undangan bagi masyarakat yang pada hari-hari sebelumnya mendaftar secara daring.