Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, apalagi di tengah pandemi Covid-19, memerlukan kebugaran tubuh yang prima.

Kita harus cermat dalam mengatur asupan gizi agar tetap seimbang, serta melakukan aktivitas fisik yang terukur dan efektif dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Harapannya, setelah Ramadan berlalu tidak hanya jiwa kita yang bersih, badan kita juga lebih bugar dan imun meningkat setelah terbiasa berolahraga.

Agnes Julianto, founder & owner serta trainer di One Fit Garage memberikan beberapa tips terkait waktu yang tepat dalam berolahraga di bulan puasa.

“Saat latihan sesuaikan dengan bio ritme tubuh. Stretching (peregangan) selama 10-15 menit sangat pas dilakukan beberapa saat sebelum sahur,” ujarnya.

Baca juga: Sambut Bulan Suci Ramadan, Aplikasi Ini Siapkan Berbagai Fitur Penunjang Ibadah Puasa

Hal ini berguna untuk melancarkan peredaran darah. Idealnya saat yang tepat untuk berolahraga adalah sebelum sahur, sebelum berbuka dan setelah berbuka.

Baca juga: Masjid Agung Sunda Kelapa Tak Gelar Bukber Selama Ramadan

Wanita yang kerap disapa Agie ini menjelaskan, latihan dengan intensitas ringan seperti melakukan stretching (peregangan) selama 10-15 menit sangat pas dilakukan beberapa saat sebelum sahur.

Baca juga: Dibuka Untuk Umum, Masjid Sunda Kelapa Gelar Salat Tarawih Berjamaah Ramadan Tahun ini

Hal demikian bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, melenturkan otot, sendi dan akan mempersiapkan metabolisme badan kita untuk aktifitas yang intens di siang harinya.

Saat menjelang waktu sebelum buka, Agnes menyarankan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang, seperti jogging pendek, yoga atau pilates dan latihan body weight ringan.