Laporan Wartawan Tribunnews. com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – PT Kongsi Listrik Negara (Persero) atau PLN mengadakan uji coba kendaraan listrik dengan rute perjalanan dari Jakarta sampai ke Pulau Dewata, Bali.

Hal ini setelah infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Elektrik Umum (SPKLU) sudah tersedia pada beberapa titik termasuk di Tol Trans Jawa.

“Saya ingin mencoba menggunakan kendaraan elektrik ini menuju Bali karena PLN sudah menyiapkan infrastruktur seperti SPKLU, ” kata Komisaris PLN Dudy Purwagandi di titik awal keberangkatan kantor PLN Pusat, Jumat (25/12/2020).

“Dari literatur & informasi yang ada penggunaan instrumen listrik di dalam kota sangat efisien, sehingga saya ingin memeriksa rute jarak jauh, ” tambahnya.

PLN juga terus berkomitmen untuk mendorong ekosistem Organ Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

“Saya ingin menyampaikan input terkait titik-titik lokasi SPKLU ke depannya sehingga memberikan kemudahaan bagi pengguna kendaraan listrik. Lantaran sisi biaya kendaraan listrik menawarkan biaya yang lebih murah dipadankan kendaraan berbahan bakar minyak zaman ini, ” urai Dudy.

Dia juga menyampaikan harapannya melalui percobaan ini agar ke depannya dapat berbagi pengalaman dengan rekan lain yang masih mempunyai kekhawatiran dan pertanyaan terkait organ listrik.

Hal lainnya adalah memberikan masukan bagi kongsi apabila ada yang perlu diperbaiki.

Sebelumnya PLN telah meresmikan penambahan empat SPKLU di Tol Trans Jawa antara lain SPKLU Rest Area Km 207 A Palikanci, SPKLU Rest Area 379 Batang, dan SPKLU Rest Area Km 519 A/B Sragen.

Direncanakan hingga tarikh 2025 mendatang, PLN akan membuat 2. 400 SPKLU.

PLN akan terus mendukung pelaksanaan Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.