Laporan Wartawan Tribunnews. com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Juru Bicara Mahkamah Istimewa (MA), Andi Samsan Nganro, membaca ada upaya penggiringan opini terkait tersebarnya foto Ketua MA, Muhammad Syarifuddin dengan Anita Kolopaking, kuasa hukum Djoko Tjandra, buronan peristiwa pengalihan hak tagih utang Bank Bali.

Menurut tempat, tidak ada kedekatan hubungan jarang Syarifuddin dengan Djoko Tjandra maupun dengan pengacaranya Anita Kolopaking. Dia menegaskan, informasi yang beredar dalam media sosial tidak benar.

“Informasi dan berita yang lagi ramai di media baik itu kami bantah, karena keterangan dan berita tersebut tidak benar, ” kata dia, saat dikonfirmasi, Senin (20/7/2020).

Tempat menjelaskan foto antara Syarifuddin dan Anita Kolopaking tidak dapat disimpulkan ada kedekatan antara Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial tersebut dengan Djoko Tjandra.

Baca: Joker Minta Konvensi Virtual, Sidang PK Djoko Tjandra Ditunda untuk Ketiga Kalinya

“Masa hanya dari foto Ibu Anita dan suami dengan Pak KMA (Ketua MA, -red) dan istri lalu dihubungkan kliennya Ibu Anita mempunyai hubungan kedekatan. Ini kan penggiringan pemikiran namanya, ” tuturnya.

Selain itu, dia membantah, adanya informasi yang menyebutkan adanya empat hakim agung yang mau dilobi oleh kuasa hukum Djoko Tjandra.

Dia memastikan peristiwa itu tidak mungkin terjadi sebab hakim agung tidak semudah tersebut mau dilobi dan menerima sesuatu untuk menjual keadilan.

Baca: Djoko Tjandra Dianggap Hina Pengadilan, Asetnya Diminta Dibekukan

“Yakinlah tak semudah itu kami mau dilobby, dan tidak semudah itu pula kami mau menerima sesuatu buat menjual keadilan, ” tambahnya.

Untuk diketahui, akun jalan sosial Twitter, @xdigeeembok menuliskan melanda adanya empat hakim agung yang akan dilobby oleh Anita Kolopaking agar memuluskan PK Djoko Tjandra, pada 18 Juli 2020.

“Kucuran dana ratusan ribu dollar akan turun buat Hakim-Hakim Agung. Kalo kata Bobby The Cat ada 4 Hakim Mulia yg akan dilobby oleh Anita Kolopaking biar memuluskan PK Djoko Tjandra. Yuk kita jagain @MahkamahAgung jgn sampai Djoko Tjandra masuk. #YangBantuDjokoTjandraKabur”.

Sebelumnya, di dalam 15 Juli 2020, @xdigeeembok pernah menuliskan “Anita Kolopaking juga melobi hakim agung. Ada yang tau siapa nama hakim agungnya? Sinting yak Djoko Tjandra.. #YangBantuDjokoTjandraKabur”.

Selain tulisan, juga disertakan foto Ketua Mahkamah Agung Syarifuddin dengan Anita Kolopaking.