Laporan Wartawan Tribunnews. com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA — Intensitas anak-anak menatap layar gadget selama zaman pandemi covid-19 dipastikan meningkat karena saat ini sekolah di lakukan secara online dari rumah buat mencegah penularan.

Sinse Spesialis Mata dr. Yunita Sari Sp. M mengatakan memang dibutuhkan ketegasan orang tua untuk menyekat anak menggunakan gadget.

Disarankan setelah kegiatan sekolah seleksi kegiatan yang tidak memerlukan layar handpone atau gadget lain biar mata anak tidak kelelahan dengan bisa menyebabkan gangguan mata.

“Sebagai orang tua pada masa pandemi memang sulit sekadar tapi kita harus tegas serupa, kita harus disiplinkan mereka sebab mereka belajar pakai daring banyak jadi perbanyak aktivitas non gadget diluar belajar daring, ” ungkap dr. Yunita saat live beserta Radio Kesehatan, Senin (10/8/2020).

Kemudian dr. Yunita berbagi tips supaya bisa membatasi penggunaan gadget, jangan memberikan akses penuh kepada anak misal hanya di jam tertentu dan dipakai pada ruangan tertentu saja.

Baca: Lima Tips Jaga Kesehatan Mata Selama Bekerja serta Belajar Dari Rumah

Baca: Anak Sungguh-sungguh Lama Menatap Layar Gadget, Awas Sakit Kepala, Ini Trik Mengatasinya


Ilustrasi anal main gadget (Studies)

Supaya lebih maksimal orang tua juga jangan bermain handphone atau gadget lainnya pada depan anak karena bisa oleh sebab itu alasan bagi anak-anak melakukan kaya orang tuanya.

“Jangan berikan akses penuh, kita kudu ingatkan di wilayah ini aja pakai gadgetnya, buat alternatif pekerjaan yang hisa membuat anak happy, dan orang tua sebagai role model anak jangan selalu berlaku gadget nanti anak meniru, ” kata dr. Yunita.

Bagi anak-anak yang sudah mengalami masalah mata seperti mata kurang, silinder, atau ada bawaan sepantasnya diingatkan memakai kacamata supaya tanda tidak bekerja berlebihan.

“Bagi anak-anak yang memakai kacamata ingatkan bahwa mereka harus memakai kacamata sehari-hari harus pakai kacamata kalau ada gangguan, ” ungkap dr. Yunita.