Laporan wartawan tribunnews. com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA — DKI Jakarta jadi kota metropolitan dipadati bangunan serta gedung – gedung yang menjulang tinggi.

Tapi tak disangka di tengah padatnya tanah air pusat pemerintahan dan perdagangan itu, masih ada 414 hektare lahan sawah.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pada Rabu (15/7/2020) menyempatkan sambangi salah satu bidang lahan sawah di Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur.

Dalam jalan itu Riza ikut memanen padi, menggiling padi hingga menabur baka ikan.

Menangkap: Kapolda NTB Ikut Panen Raya di Kampung Sehat Desa Sari Pelit

“Setidaknya, Kota Jakarta bisa ikut jasa sekalipun tidak banyak tapi istimewa, ” kata Riza dalam keterangannya, Rabu (15/7/2020).

Sebanyak 414 hektare lahan sawah dengan ada di DKI Jakarta, kebanyakan dimiliki warga dari 15 gabungan tani.


Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pada Rabu (15/7) sambangi salah satu bidang lahan sawah di Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur/dok. Pemprov DKI

Lahan sawah itu tersebar di tiga wilayah tanah air administrasi, diantaranya 45 hektare pada Kecamatan Kalideres dan Kembangan, Jakarta Barat.

Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara seluas 341 hektare, dan 28 hektare di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Baca: Eden Hazard Pengetaman Pujian setelah Bawa Real Madrid Menang atas Eibar di Federasi Spanyol

Adapun 8 dari 28 hektare lahan sawah di Cakung dikelola sebab UPT Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Dinas KPKP DKI.

Dengan kata lain 8 hektare lahan sawah tersebut adalah aset Pemprov DKI & sudah ditetapkan sebagai Sawah Wujud yang tak akan berubah kegiatan.

Disebutkan, Sawah Wujud itu telah menghasilkan 47 ton benih padi per tahun.

“Mudah-mudahan petani kita mampu tangguh jadi Jakarta tangguh mampu menghadapi berbagai tantangan dan ancaman, ” tutur dia.