TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan target Indonesia bukan hanya keluar dari krisis akibat Pandemi Covid-19.

Melainkan melakukan lompatan besar dengan memanfaatkan krisis untuk membangun Indonesia yang dicita-citakan.

Baca: Jokowi Ingin 25 Tahun Lagi Indonesia Capai Kemajuan Besar: Kita Harus Jadikan Indonesia Negara Maju

“Krisis memberikan momentum bagi kita untuk mengejar ketertinggalan, untuk melakukan lompatan transformasi besar, dengan melaksanakan strategi besar,” kata Presiden dalam pidato sidang tahunan MPR-RI dan sidang bersama DPR-RI dan DPD-RI Tahun 2020 di Gedung Parlemen MPR/DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (14/8/2020).

Presiden menekankan krisis yang terjadi harus dibajak untuk dimanfaatkan, agar Indonesia bisa setara dengan negara maju. 

Hal itu bisa dimulai dengan memecahkan masalah fundamental bangsa.

Baca: Jokowi: Pandemi Covid-19 Momentum Membenahi Diri Secara Fundamental

“Kita lakukan lompatan besar untuk kemajuan yang signifikan. Kita harus bajak momentum krisis ini. Kita harus serentak dan serempak memanfaatkan momentum ini, menjadikan Indonesia setara dengan negara maju,” ujar Presiden.

Menurutnya masih tersedia waktu 25 tahun lagi untuk menyongsong usia 1 abad Indonesia merdeka .

Mewujudkan Indonesia sesuai dengan yang dicita-citakan. 

“Saudara-saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air, masih banyak langkah-langkah besar yang harus kita lakukan. Masih tersedia waktu 25 tahun lagi bagi kita untuk menyiapkan seabad Indonesia merdeka, untuk membangun Indonesia yang kita cita-citakan,” tambahnya.