Laporan Wartawan TribunJakarta. com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA –   Sebanyak  10 anggota keluarga penyidik KPK Novel Baswedan menjalani swab test Covid-19, Jumat (28/8/2020).

Swab test ini dilakukan setelah Novel Baswedan belakangan dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Ulangan ini dilakukan oleh Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading sebagai upaya   tracing   atau   active case finding   (ACF) terhadap keluarga Novel Baswedan.

“Penanganan awal ana lakukan tracking keluarga dan karakter yang pernah kontak erat secara pasien, ” kata Kepala Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading dr. Diah Anggraeni.


Lingkungan di sekitar kediaman Roman Baswedan, Jalan Deposito, RT 003/RW 010 Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, disemprot disinfektan, Jumat (28/8/2020). (Istimewa)

Menurut Diah, sampel swab test dari keluarga Novel Baswedan telah dikirim ke Laboratorium Kesehatan tubuh Daerah (Labkesda) Provinsi DKI Jakarta.

Untuk langkah kemudian, petugas akan kembali memantau kesehatan pasien, keluarga, dan orang dengan pernah kontak erat dengan Roman Baswedan.

“Intinya SOP (Standar Operasional Prosedur) penanganan Covid-19 untuk setiap warga sama. Ke depannya akan kami pantau kesehatannya, ” ucap Diah.

Selain melakukan swab test, penyemprotan disinfektan juga telah dilakukan di sekitar kediaman Novel Baswedan.

Sore tadi, petugas sebab Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara menyemprot awahama di sekitar kediaman Novel Baswedan, seperti di rumahnya dan di Masjid Jami Al Ihsan.