TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Perombakan Birokrasi (KemenPAN RB) memperketat kaidah bepergian dan aturan cuti untuk ASN hingga 8 Januari 2021.

Hal ini berkaitan dengan pencegahan penyebaran Covid-19 jelang libur Natal dan Tahun Mutakhir 2021.

Deputi Tempat Kelembagaan dan Tata Laksana KemenPAN RB, Rini Widyantini mengatakan Surat Edaran (SE) MenPAN RB Bagian 72 Tahun 2020 telah dikeluarkan terkait hal ini.

“Pada intinya MenPAN RB mengimbau kepada ASN dan keluarganya buat tidak bepergian selama libur Natal dan Tahun Baru, ” kata pendahuluan Rini dalam konferensi pers daring, Rabu (23/12/2020).

Baca juga: 25 Ucapan Selamat Natal dan Tahun Baru 2021 di Bahasa Inggris & Artinya, Tepat untuk Update Medsos

Namun demikian, Rini membaca jika ASN perlu untuk berpergian ke luar kota perlu menanggapi sejumlah hal terkait kebijakan-kebijakan dengan diberikan pemerintah.

Lengah satunya ASN harus memperhatikan peta penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan Satgas Penanganan Covid-19 di laman websitenya dan diminta untuk tak mendatangi zona berisiko tinggi.

“Disana sudah dicantumkan mana zona merah, oranye, kuning, tersebut sudah dicantumkan. Mohon jadi perhatian, ” kata Rini.

ASN juga perlu memperhatikan kecendekiaan pemerintah daerah (Pemda) baik sejak asal ASN, maupun tujuan bepergian ASN tersebut.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Buat Ruben Onsu Batalkan Niat Liburan di Hari Natal dan Tahun Pertama

Hal itu agar ASN tidak melanggar keyakinan lalu-lalang orang yang sudah ditetapkan Pemda setempat.

“Misalnya terkait ketentuan karantina dan penyeliaan swab, ” ujarnya.