Laporan Wartawan Tribunnews. com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Anggota Komisi VI DPR Tommy Kurniawan mengatakan kebaikan holding BUMN ua mikro tidak hanya mempercepat proses pemulihan ekonomi.

Dia menilai ekosistem tersebut bisa membantu masyarakat di dalam rangka menumbuhkembangkan usaha.

“Sinergisitas Ua Mikro (BRI, PNM, Pegadaian) benar kita dukung dan penghargaan untuk membantu dan menumbuh kembangkan usaha para pelaku usaha kecil dibawah, ” kata Tommy kepada para-para pelaku usaha mikro, Senin (7/6/2021).

Dia menambahkan hal penting asing untuk melakukan perbaikan pendataan akses permodalan lebih mudah dengan bunga yang hina.

“Ini menjelma solusi untuk keluar sejak pembiayaan (Pinjaman) renternir dengan bunganya bisa mencekik leher. Kebijakan strategis ini merupakan peluang untuk wirausahawan, atau enterpreneur dan menjadikan UMKM naik kelas, ” sekapur Tommy.

Baca juga: Dirut BRI Ungkap Pentingnya Pemimpin Transformatif di Tengah Disrupsi Digital

Menurut nya, dari 50 juta pengusaha ua mikro di Nusantara, baru 20 persen di antaranya yang mendapatkan layanan daripada institusi keuangan formal.

Padahal, 80 komisi segmentasi ekosistem ua mikro didominasi pelaku UMKM.

“Di satu sisi, pelaku ua mikro serta UMKM merupakan tulang punggung, serta kunci pemulihan ekonomi nasional yang harus diselamatkan dari tekanan dampak pandemi Covid-19 di Indonesia, ” jelas Tommy Kurniawan.

Baca juga: Erick Thohir Ingatkan Komisaris dan Direksi BUMN Kudu Siap Dicopot

Forum UMKM Kabupaten Bogor siap bersinergi buat mempercepat Ua Mikro Perusahan BUMN untuk maju bergandengan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor Asep Mulyana mengutarakan, ada peningkatan jumlah UMKM selama pandemi Covid-19.

“Peningkatannya hingga era ini mencapai tiga kala lipat dari sebelum Covid-19 melanda, dengan data saat ini sebanyak 773 Ribu pelaku UMKM, ” katanya.