TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Timnas Italia dan Wales menjadi wakil Grup A yang lolos ke babak 16 gembung Euro 2020 via status juara dan runner-up.  

Timnas Italia sudah lebih dulu menguatkan langkah ke fase mati usai membenamkan Swiss dengan skor 3-0 pada Rabu (16/6/2021).  

Sebelum berjumpa Swiss, Italia juga meraih kemenangan 3-0 atas Turki pada laga pembuka Euro 2020.   Keberhasilan Italia kian sempurna usai menaklukkan Wales pada laga pamungkas Grup A di Stadion Olimpico, Remang, Italia, Minggu (20/6/2021) suangi WIB.  


Timnas Italia sapa fans di Gelanggang Olimpico Roma

Hasil tersebut membuat Italia semakin kokoh di pucuk klasemen dengan kumpulan sembilan poin dan mengesahkan tim berjuluk Gli Azzurri itu menuju ke 16 besar dengan status juara Grup A.  

Sementara itu, Wales dipastikan mengamankan satu wadah di 16 besar Euro 2020 meski menderita kekalahan pada laga terakhir fase grup.   The Dragons (julukan timnas Wales) menyimpan posisi kedua di klasemen akhir Grup A dengan raihan empat poin.   Wales memiliki poin cocok dengan Swiss yang mengikuti di peringkat keempat.  

Tambahan 3 angka didapat Swiss sudah menaklukkan Turki 3-1 di laga yang juga digelar  bersamaan dengan Italia vs Wales.    


Timnas Wales

Meski demikian, Wales mempunyai menempati pos runner-up Agregasi A Euro 2020 dan menemani Italia ke putaran selanjutnya karena unggul selisih gol atas Swiss.   Swiss masih punya peluang melaju ke babak 16 besar Euro 2020 lewat jalur peringkat ketiga terkemuka.  

Tetapi, untuk menjadi tim status ketiga terbaik, Swiss tentu harus menunggu hasil laga-laga di grup lain. Tengah itu, Turki terbenam di dasar klasemen tanpa bayaran poin karena menderita 3 kekalahan.  

Artikel ini telah tayang di  Kompas. com  dengan judul “Klasemen Agregasi A Euro 2020, Wales Temani Italia ke 16 Besar “, Klik buat baca:   https://bola.kompas.com/read/2021/06/21/01523198/klasemen-grup-a-euro-2020-wales-temani-italia-ke-16-besar?page=all#page2.
Penulis: Farahdilla Puspa
Editor: Sem Bagaskara