TRIBUNNEWS. COM – Salah satu momen yang begitu indah bagi ibu adalah saat menyaksikan Si Kecil tumbuh dan berkembang. Pertama ketika menginjak usia dua tahun, ia mulai bisa menggenggam barang, belajar merangkak, berjalan, hingga berbahasa.

Penting bagi Kamu untuk memperhatikan perkembangan motorik bujang. Kemampuan motorik berfokus pada kemahiran Si Kecil dalam mengendalikan denyut tubuhnya, termasuk kekuatan tulang, otot, dan koordinasi otak.

Dikutip dari KlikDokter, salah mulia cara yang bisa dilakukan untuk melatih motorik adalah dengan memberikan anak finger food atau camilan bugar anak, seperti buah, sayuran, serta biskuit bayi. Tidak hanya menutup kebutuhan nutrisi Si Kecil, finger food dapat merangsang kemampuan motorik anak.

Sebagai acuan, berikut lima finger food yang mampu Anda berikan kepada Si Kecil.

Alpukat

Dengan tekstur cenderung lembek, buah alpukat bisa menjelma camilan yang aman dan bugar. Dilansir dari Healthline, kandungan asam lemak omega 3, protein, kolin, dan zat besi pada alpukat memberikan peran penting terhadap perkembangan otak dan mengoptimalkan kemampuan motorik anak.

Pastikan potong  buah menjadi kecil-kecil sebelum dikasih kepada Si Kecil, agar mungkin digenggam anak.

Sayuran Kukus


Ilustrasi.

Sebelum dikonsumsi Si Kecil, sebaiknya sayuran dikukus atau direbus terlebih dahulu agar mudah dia telan. Ada berbagai macam sayuran yang bisa membantu perkembangan motorik si kecil, diantaranya brokoli, wortel, buncis, dan ubi.

Tahu

Camilan sehat anak lainnya adalah tahu. Selain kaya akan protein nabati yang baik untuk awak, tahu juga memiliki tekstur yang lunak dan aman dikonsumsi. Namun karena bentuknya yang mudah suntuk, pilihlah tahu dengan tekstur padat.

Keju

Selain enak, keju dipenuhi kandungan protein, vitamin, & lemak, serta tinggi kalsium dalam setiap gigitannya. Lalu, kapan Si Kecil sudah bisa makan keju? Kebanyakan dokter anak menganjurkan setidaknya usia 8-10 bulan untuk bayi boleh mulai makan keju.

Namun pastikan anak Anda tidak mengalami reaksi alergi kepada produk olahan susu sapi. Masa ya, kini sudah mulai banyak vegan cheese yang beredar pada pasaran. Pilihlah keju ini buat anak yang mengidap alergi.

Biskuit Bayi

Bisa dibilang biskuit bayi merupakan camilan yang paling familiar untuk para ibu. Tersedia berbagai macam biskuit bayi dengan tersedia di minimarket, tapi pilihlah produk yang memang ahlinya sasaran bayi yaitu biskuit bayi Milna.

Milna menghadirkan beraneka macam produk yang dapat membantu perkembangan motorik anak, seperti Baby Biscuit Bulat, Milna Biscuit Finger, dan Milna Puffs Organic . Milna Baby Biscuit Bulat dapat melatih rahang Si Kecil dan cocok untuk dikonsumsi bayi berusia 6-12. Selain itu, biskuit ini juga dilengkapi dengan kandungan gizi seperti vitamin C, E, dan zat besi.

Sedangkan pada Biscuit Finger betul cocok dikonsumsi bayi berusia 8 sampai 12 bulan. Produk dengan didesain secara khusus untuk melatih anak menggenggam ini, juga dilengkapi dengan kalsium tinggi, zat besi, vitamin A & E serta mineral baik untuk sang bahan hati.

Terakhir, Nature Puffs Organic mengandung 95 persen bahan organik, yang dibuat sebab bahan pangan bebas pengawet, selamat gluten, tinggi kalsium, dan tanpa perasa buatan. Selain itu, MPASI organik ini juga melalui jalan pembuatan yang ramah lingkungan. Aman untuk alergi anak dan pastinya dapat mendukung perkembangan motorik anak.

Pilihlah camilan yang sehat dan aman untuk Si Kecil ya moms!

Penulis: Dea Duta Aulia/Editor: Dana Delani