Laporan Wartawan Tribunnews. com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Satgas Suasana Penanganan Covid-19 bersama PT Angkasa Pura II (Persero) menetapkan prosedur baru, buat penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) yang anyar tiba dari luar kampung.

Komandan Satgas Udara Penanganan Covid-19 Kolonel Tek Sunu Eko P mengatakan, dalam prosedur hangat ini terdapat 9 checkpoint yang harus dilalui oleh penumpang yang baru muncul dari luar negeri.

“Prosedur baru tersebut, sebagai upaya memperketat penerapan protokol kesehatan khususnya era proses menuju lokasi karantina bagi penumpang pesawat, ” ucap Eko dalam keterangannya, Jumat (30/4/2021).

Berikut checkpoint yang harus dilalui penumpang pesawat yang baru tiba dari asing negeri di Bandara Soetta:

Baca juga: Komisi IX DPR: Sulit Diterima, Mafia Karantina Tak Melibatkan Orang Di Bandara Soetta

Checkpoint pertama, pengikut yang baru tiba kudu mengisi data diri dan penerbangan melalui aplikasi Hotel Reservation (Hore) V2 di area kedatangan internasional Bandara Soetta. Penumpang juga mampu menggunakan kiosk machine untuk melakukan input data diri dan penerbangan.

Selanjutnya checkpoint kedua, penumpang akan diperiksa dokumen kesehatan tubuh oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan. Pada proses ini, penumpang akan ditentukan apakah dikarantina dalam wisma atlet atau pada hotel.

Check point ketiga, penumpang mau didata terkait lokasi karantina, apakah menuju Wisma Olahragawan Pademangan atau hotel.

Checkpoint keempat, pengikut menjalani proses keimigrasian.

Menyuarakan juga: DPR Minta Polri Tindak Tegas Mafia Karantina dalam Bandara Soetta

Checkpoint kelima, penumpang mengambil bagasi di Area Pengambilan Bagasi.