TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi menunjuk Dea Tunggaesti sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PSI.

Dea sendiri merupakan kakak dari Juru Cakap Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro.  

Adapun Raja Juli Antoni yang sebelumnya menjabat sebagai Sekjen PSI, kini mendapat amanah baru sebagai Sekretaris Dewan Pembina DPP PSI.

“Kami bergembira hari ini karena resmi mencanangkan Sis Dea sebagai Plt Sekjen. Ia bukan orang baru di PSI.   Sudah lama berinteraksi dan membantu pergerakan PSI, ”  ujar Plt Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha, dalam masukan tertulis, Jumat (18/12/2020).

Baca juga: Apresiasi Keputusan Negeri Gratiskan Vaksin Covid-19, PSI: Vaksin Harus Jadi Barang Publik 

Giring mengatakan keputusan ini diambil Dewan Pembina serta DPP PSI setelah menerima data dari berbagai pihak di privat partai.  

Kesimpulan itu disahkan dalam forum Model Darat Nasional (Kopdarnas) PSI dalam Kamis 17 Desember 2020.

Giring menjelaskan Dea mempunyai pengalaman di berbagai organisasi serta sangat kompeten di bidang lembaga.

Dea merampungkan menuntut doktoral Ilmu Hukum di Universitas Padjadjaran.

Sejak 2013, dia ikut mendirikan dan menjalankan firma hukum Tungga Ramli & Partners.

Baca juga: PSI Apresiasi Keputusan Pemerintah Menggratiskan Vaksin Covid-19

Menurut mantan vokalis Nidji tersebut, dua hal yang dimiliki Dea tersebut dapat memperkuat PSI pada menempuh perjalanan ke Pemilu 2024.

“Perihal Bro Ayah Juli Antoni, ia akan berperan penting sebagai Sekretaris Dewan Pengasuh. Dalam AD/ART PSI, Dewan Pembimbing punya posisi sangat strategis.   Menuju 2024 yang tak mudah ini, Dewan Pembina yang semakin kokoh akan kian memuluskan kiprah partai untuk lolos ke Senayan, ” lanjut Giring.

Toni –sapaan akrab Raja Juli– mengatakan dirinya mendapat kehormatan secara bergabung di Dewan Pembina DPP PSI.

“Saya tidak akan ke mana-mana, tetap di PSI. Tetap total bekerja untuk memastikan kemenangan PSI di 2024. Tapi, saya akan berbagi perintah dengan Sis Dea sebagai Plt. Pada saat bersamaan, saya mau membantu Dewan Pembina. Sebuah kehormatan buat saya bisa hadir pula di Dewan Pembina, ” sirih Toni.


Plt Sekjen PSI Dea Tunggaesti bersama Sekretaris Dewan Pembina DPP PSI Raja Juli Antoni (Istimewa)

Sementara itu, Dea mengaku sudah lama meneliti PSI sebagai partai anak bujang yang berbeda dengan partai-partai lain.

“Ada inovasi-inovasi kebijakan PSI yang membuat saya terpikat. Insya Allah, dengan bantuan segenap Bro dan Sis pengurus dan kader, saya akan menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya. Kami akan bahu-membahu bekerja untuk membantu anak buah,   untuk memperbaiki Indonesia, ” kata Dea.